Advertise

RoyaLe Sca. Diberdayakan oleh Blogger.

 
Sabtu, 29 Januari 2011

Belajar Sulap

0 komentar
Hallo Pengunjung Setia RoyaleSca , Kali ini saya bukan membahas masalah Teknologi lagi , namun kali ini saya kan membahas tentang sebuah Permainan Sulap / Magic !

When i was in My World = Magic !!



SULAP
Sulap merupakan sebuah seni pertunjukan tertinggi yang memberikan harapan, senyuman, kebahagia, keyajinan, motivasi,serta kerinduan setiap orang terhadap sebuah keajaiban. Banyak orangyang beranggapan bahwa sulap itu sendiri merupakan sebuah tipuan tapi menurut saya sulap itu justru merupakan sarana untuk menyampaikan pesan sekaligus memberikan keajaiban setiap orang yang menonton akan mersa keheranan dan juga sekaligus senang dan mereka tidak berpikir lagi bahwa itu merupakan tipuan yang mereka pikirkan adalah bagaiman orang bisa melakukan hal tersebut, walau memang benar definisi sulap adalah tipuan.
Sulap merupakan sebuah misteri dan misteri itulah yang membuat sulap itu selalu berkembang dan menarik untuk di tonton.Pesulap dituntut untuk mematuhi kode etik yang ada dalam hal ini saya akan menuliskan beberapa kode etik sulap yang paling utama dengan cara yang memudahkan anda mengingatnya. Kode etik tersebut saya jadikan sebuah kata yaitu SULAP dimana:
Simpan rahasia
Ulangi permainan kepada orang yang sama akan membuat orang tersebut bosan
Latihan samapi mahir sebelum bermain didepan orang
Alihkan perhatian penonton pada diri kita karena kita merupakan aktor utamanya
Pantang mengganggu pesulap lain kalo tidak mau diganggu
Ini adalah sebagian kode etik penting pesulap.
Sebagai sebuah seni, sulap merupakan gabungan dari berbagai unsur seni yang ada seperti seni tari, musik, rupa, psikologi dan lain-lain. Sulap juga merupakan gabungan dari disiplin ilmu yang ada didunia seperti fisika, matematika, kimia, biologi, psikologi dan lain-lain.
Secara umum sulap dibagi menjadi 3 kategori, berikut merupakan kategori-kategori tersebut:
1. grand illusion
grand illusion biasanya disebut dengan stage magic. Biasanya permainan grand illusion ini dimainkan diatas panggung yang besar dan menggunakan alat-alat berat yang harganya sangat mahal seperti yang dilakukan David Copperfield dalam pertunjukkan levitationnya atau sulap melayangnya seperti superman, atau laser cut body yang membelah tubuhnya menjadi 2 dengan menggunakan gergaji yang besar.
2. close up magic
permainan sulap jarak dekat, permaina ini biasanya dimainkan dijalan seperti David Blaine. permainan ini membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian dalam memainkannya. Sulap kategori ini merupakan sulap yang simple yang dapat dimainkan dengan benda-benda sehari-hari seperti kartu, korek api, koin, balon, pulpen, rokok, tali, kain , peniti dan lainnya.
3. Parlour Magic
Memiliki kesamaan seperti grand illusion yaitu permainan yang dimainkan diatas panggung tetapi permainan yang dimainkan dalam kategori ini tidak menggunakan alat-alat berat seperti yang dimainkan pada kategori grand illusion. Efek sulap ini biasanya ceria dan mengajak penonton yang menonton ikut bersemangat, alat yang digunakan biasanya kartu, tongkat, kain, bahkan burung yang dimunculkan dari sapu tangan. Contoh pesulap yang mungkin dikenal oleh masyarakat kita adalah Rommy Rafael(sewaktu berumur 17tahun sebelum menjadi hypnotist). sulap ini memberikan efek visual yang dapat dimengerti oleh anak-anak dan sekarang perkembangannya telah menggunakan teknologi seperti perpaduan dengan menggunakan tv plasma.



diatas merupakan kategori-kategori dalam sulap, dan sekarang kita akan membahas sedikit tentang aliran-aliran sulap yang ada:
1. Mentalism
Sulap yang menggunakan keterapilan berpikir seperti yang dilakukan Deddy Corbuzier dalam telekinetisnya membengkokan benda logam serta kemampuan membaca pikiran maupun meprediksikan masa depan.
2. Escapetology
Mempertunjukan keliahaian seseorang dalam melepaskan diri dari rbelenggu ikatan maupun bahaya seperti yang dilakukan oleh Bapak sulap kita Harry Houdini.
3. Cardician
kemahiran memainkan kartu dalam segala bentuk.
4. Bizzare
pesulap yang seolah-olah menjadi seorang dukun yang entertaint yang menggunakan cerita-cerita dalam segala bentuk permainannya untuk menambahkan efek dalam pertunjukannya.
5. Sleight of Hand
Pesulap yang mengandalkan kecepatan tangannya untuk melakukan aksi sulap menghilangkan dan memunculkan benda dalam sekejap.
6. Tricks
Menggunakan peralatan sulap untuk mendapatkan sebuah efek keajaiban.
7. Illusion
Kemampuan pesulap membuat efek ilusi seolah-olah menjadi nyata seperti yang dilakukan oleh David Copperfield dan Demian Aditya.
8. Pick Pocket
kemampuan pesulap untuk mencuri barang-barang yang ada tapi bukan bermaksud mencurinya hanya sekedar sebagai hiburan saja, sperti yang dilakukan oleh Bow Vernon dan Edo Shadow.
9. Ventriloquism
Kemampuan untuk membuat efek suara boneka seolah-olah boneka tersebut hidup dan dapat berbicara seperti yang dilakukan Ria Ernes tapi sayang sulap jenis ini kurang populer tapi justru menurut saya sulap inilah yang memiliki efek lucu dan paling sulit untuk dipelajari.
10. Gospel Magic
Mungkin jarang kita mendengar istilah dari gospel magic, gospel magic sudah lama ada di dalam sulap. Apa itu Gospel Magic? Gospel magic merupakan penyebaran ajaran agama(Injil khusunya), pengaplikasian suatu firman Tuhan dengan menggunakan sulap. Gospel magic dapat membuktikan bahwa sulap itu bukanlah hal yang bersifat magis karena sulap pada gospel magic ditujukan untuk menyebarkan kebaikkan dimana dengan sulap kita dapat mengaplikasikkan sesuatu dengan suguhan yang berbeda dan menarik.
di dalam sulap memiliki beberapa prinsip efek, prinsip efek inilah yang digunaka oleh pesulap untuk membuat keajaiban, beberapa pesulap saat ini banyak yang tidak mengerti apa saja dan dari mana asal permainan mereka, disini saya akan mencoba menjelaskan mengenai prinsip efek :
1. Production (Appearance, creation, multiplication), = memunculkan, melipatgandakan

2. Vanish (Disappearance, obliteration), = menghilangkan

3. Transposition (Change in location), = memindah-tempatkan
...
4. Transformation (Change in appearance. character or identity), = spt effect bill switch

5. Penetration (One solid through another), = tembus 2 benda solid

6. Restoration (Making the destroyed whole), = meng'utuhkan kembali

7. Animation (Movement imparted to the inanimate), = spt effect card symbol movement

8. Anti-Gravity (Levitation and change in weight), = melawan hukum gravitasi

9. Attraction (Mysterious adhesion), = menyuguhkan perilaku tdk sewajarnya

10. Sympathetic Reaction (Sympathetic response), = menimbulkan perhatian dr audience

11. Invulnerability (Injury proof), = kekebalan

12. Physical Anomaly (Contradictions, abnormalities, freaks), = abnormal / keajaiban alam

13. Spectator Failure (Magicians' challenge), = tantangan

14. Control (Mind over the inanimate), = menggerakkan benda

15. Identification (Specific discovery), = mengenali barang dg petunjuk yg minim / tanpa sama sekali

16. Thought Reading (Mental perception, mind reading), = membaca pikiran

17. Thought Transmission (Thought projection and transference), = spt effect transfer soda

18. Prediction (Foretelling the future), = menebak masa depan

19. Extra-Sensory Perception (Unusual perception, other than mind), = sixth sense

20. Feats or skill or special training = spt perform sirkus, bartender trick

dan ini merupakan beberapa prinsip method dari sulap :
1. Palm: Untuk menahan objek dalam rupanya tangan kosong.2. Ditch: Untuk diam-diam membuang objek yang tidak diperlukan.3.Mencuri: Untuk diam-diam mendapatkan obyek yang dibutuhkan....4. Load: Untuk diam-diam memindahkan objek yang diperlukan ke tempat tersembunyi.5. Simulasi: Untuk memberikan kesan bahwa sesuatu yang belum terjadi, telah.6. Penyesatan: Untuk memimpin perhatian dari bergerak rahasia.7. Switch: Untuk diam-diam pertukaran satu objek yang lain.
nah setelah kita membahas tentang sulap beserta prinsip-prinsipnya terbukti bahwa sulap bisa dijelaskan secara ilmiah dan bukan merupakan kekuatan magis.





Leave a Reply

 
Welcome © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here