Advertise

RoyaLe Sca. Diberdayakan oleh Blogger.

 
Sabtu, 29 Januari 2011

Cara Mudah Membuat ebook Gratis

0 komentar
Sebenarnya Cara Mudah Membuat ebook Gratis ini bukanlah hal yang Baru,namun Postingan ini saya persembahkan buat rekan-rekan yang belum menemukan solusinya. Ternyata Cara Buat/bikin ebook Gratis tidak sesusah yang kita bayangkan.Dalam tutorial singkat ini akan dijelaskan tentang bagaimana membuat sebuah ebook dalam format PDF.
Membuat ebook dalam format PDF sangat mudah untuk dilakukan, dan juga tidak perlu menggunakan software yang mahal untuk membuatnya. Yang anda perlukan hanyalah program word processor yang biasa anda gunakan, misalnya Microsoft Word dan sebuah software gratis untuk membuat file PDF.Didalam tutorial ini kita akan menggunakan software yang bernama PrimoPDF untuk membuat file dengan format PDF. PrimoPDF merupakan salah satu software terbaik yang dapat digunakan untuk membuat file pdf. PrimoPDF mempunyai banyak fasilitas yang bahkan lebih bagus daripada beberapa software pembuat file PDF komersial.
Baiklah, kita mulai saja tutorial ini
Langkah Pertama :
kita harus menginstall program PrimoPDF terlebih dahulu. Software ini dapat didownload melalui website http://www.primopdf.com. Silahkan Copy Alamat Tersebut dan pastekan dibrowser anda, Saya tidak membuatkan Link langsung Karena Ada Alasan SEO (SEO Jadul Contes) heheheh

Untuk menginstall PrimoPDF, komputer anda harus memiliki syarat-syarat berikut:
  • Operating system: Microsoft Windows 98, Windows 2000, Windows NT,Windows XP, Windows Server 2003, atau Windows Vista.
  • Minimum 30 MB kapasitas hard disk yang masih tersedia
  • Memiliki microsoft .NET framework versi 2.0 atau yang lebih tinggi.
Apabila di komputer anda belum terinstall .NET versi 2.0 atau yang lebih tinggi,
maka pada saat instalasi anda akan diminta untuk menginstall .NET versi 2.0.
Langkah Kedua :
Tulis naskah buku anda menggunakan editor yang anda kuasai dan buat layout tulisan yang menarik. Contohnya, ebook ini dibuat dengan menggunakan Microsoft Word.
Berikut ini beberapa tip umum dalam penulisan ebook :
  • Gunakan jenis font yang menarik. Sebaiknya menggunakan tipe font yang umum digunakan. Karena apabila tulisan anda menggunakan font yang tidak tersedia di komputer orang yang membaca ebook anda, maka tampilan ebook anda mungkin akan berubah.
  • Gunakan ukuran font yang cukup besar. Tergantung dari tipe font yang anda gunakan, sebaiknya anda menggunakan ukuran font antara 12-14 point.
  • Kombinasi warna. Kombinasi warna yang efektif akan memberi nilai tambah bagi ebook anda. Salah satu kelebihan dari ebook dibandingkan dengan buku cetak adalah anda bisa bebas menggunakan warna tanpa menambah biaya. Namun jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan warna, karena apabila terlalu berlebihan, justru ebook anda menjadi tidak enak untuk dibaca.
  • Susun tata letak tulisan dengan baik dan konsisten. Apabila tulisan andamengandung beberapa poin, dan masing-masing memiliki subpoin, maka pastikan format penulisan poin-poin tersebut konsisten satu sama lain.
  • Gunakan gambar ilustrasi secukupnya saja, karena apabila terlalu banyak gambar yang ditampilkan, maka ukuran file ebook anda akan semakin besar.Hal selanjutnya yang pelu anda lakukan adalah membuat cover buku untuk ebook anda di halaman pertama. Untuk membuat cover, anda bisa menggunakan fasilitas “drawing” dari software word processor yang anda gunakan, atau menggunakan software khusus pengolah gambar seperti Photoshop dan sejenisnya.
Sebagai contoh, cover ebook ini dibuat cukup dengan menggunakan fasilitas
drawing-nya microsoft word. Fasilitas ini cukup memadai untuk membuat cover ebook, tergantung kepada kreativitas anda didalam mendesain tampilannya.Apabila anda menggunakan software pengolah gambar. Buatlah ukuran gambar yang sesuai dengan ukuran halaman ebook yang anda buat. Kemudian tampilkan gambar tersebut di halaman pertama dari dokumen ebook anda. Usahakan agar ukuran file gambar tersebut tidak terlalu besar, agar ukuran file ebook anda tidak menjadi terlaku besar. Apabila ukuran filenya terlalu besar, maka waktu dan bandwidth yang dibutuhkan untuk mendownload ebook anda menjadi lebih besar.
Langkah ketiga :
Ubah naskah buku anda kedalam format PDF. Setelah anda menginstall software PrimoPDF dan menyelesaikan tulisan anda, kini saatnya untuk menyimpannya dalam format PDF. Caranya sama dengan mencetak dokumen ke printer biasa, anda tinggal memilih menu File->Print dari word processor yang anda gunakan.
Pilih PrimoPDF sebagai printer yang akan anda gunakan, kemudian langsung klik OK. Setelah beberapa saat, maka akan mucul dialog box berikut. Tergantung kepada besarnya ukuran dokumen anda, makin besar ukurannya, maka waktu yang diperlukan akan semakin lama.
PrimoPDF menyediakan lima macam tipe kompresi yang dapat anda pilih. Pilihan anda tersebut akan menentukan besarnya ukuran file PDF yang dihasilkan.
  • Screen : File PDF yang dihasilkan hanya untuk bisa dibaca di komputer. Ukuran file yang dihasilkan paling kecil.
  • Print : File PDF yang dihasilkan dapat dicetak dengan kualitas cetakan yang cukup bagus. Ukuran file yang dihasilkan relatif besar.
  • Ebook : File PDF yang dihasilkan dapat dibaca di komputer maupun dicetak dalam kualitas yang memadai. Ukuran file yang dihasilkan lebih besar daripada pilihan Screen, tapi lebih kecil daripada pilihan Print.
  • Prepress : File yang dihasilkan dimaksudkan untuk dicetak dengan kualitas yang bagus. Ukuran file yang dihasilkan paling besar, karena gambar yang ada didalam dokumen tidak akan ikut dikompress.
  • Custom : Anda bisa memilih sendiri paramenter yang akan digunakan. Ukuran file yang dihasilkan tergantung kepada parameter yang anda pilih. Dalam hal ini kita akan menggunakan pilihan Ebook sebagai output, karena pilihan ini yang paling sesuai untuk ebook yang akan kita buat. Selanjutnya kita diminta untuk mengisi Document Properties. Klik change untuk mengisi keterangan tentang ebook kita.
  • Title : Judul ebook yang kita tulis.
  • Author : Nama pengarang ebook.
  • Subject : Deskripsi singkat tentang ebook tersebut.
  • Keywords : Kata-kata kunci yang berkaitan dengan ebook tersebut. Setelah itu kita bisa set tipe security pada ebook yang kita hasilkan. Klik change pada kolom PDF security
Open password :
Pilih checkbox ini apabila anda ingin memproteksi ebook anda dengan password. Apabila pilihan ini anda gunakan, maka file PDF ini tidak akan bisa dibukan kecuali dengan memasukkan password yang anda tulis disini.
Permissions :
Pilih checkbox ini apabila anda ingin memasukkan pilihan security lanjutan dari file PDF yang dihasilkan.
Selanjutnya anda bisa menentukan apakah buku ini dapat dicetak, diedit, atau dicopy isi textnya. Berikutnya anda diminta menunjukkan lokasi dimana file PDF yang dihasilkan akan disimpan. Setelah anda selesai mengisi semua keterangan yang dibutuhkan, maka anda tinggal klik tombol Create PDF untuk membuat ebook PDF anda.
Catatan :
Software PrimoPDF ini tidak dapat digunakan untuk mengedit file PDF yang sudah dibuat. Apabila anda ingin mengedit kembali ebook anda, maka anda dapat mengedit file aslinya, kemudian mencetaknya kembali dengan menggunakan PrimoPDF sebagai printer.

Leave a Reply

 
Welcome © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here